Cara Perpanjang STNK Sepeda Motor Secara Online dan Langsung

Subtitle goes here

By:

January 12, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Cara Perpanjang STNK Motor Secara Online dan Langsung

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor adalah dokumen resmi yang harus dimiliki setiap pemilik mobil atau motor. Tetapi STNK ini perlu dilakukan perpanjangan secara berkala, setiap satu tahun sekali dan setiap lima tahun sekali.

Perpanjangan STNK tentu menjadi hal yang penting dilakukan, mengingat STNK adalah kelengkapan berkendara yang wajib dibawa saat berkendara kapanpun dan dimanapun. Dengan begitu artinya penting untuk Anda mengetahui syarat dan juga cara perpanjang STNK, baik secara online maupun langsung ke kantor SAMSAT. Simak penjelasannya di bawah ini.

Syarat Perpanjang STNK Motor

Berikut syarat-syarat untuk perpanjang STNK Motor secara umum, antara lain:

  1. Membawa KTP asli pemilik kendaraan bermotor
  2. Membawa STNK asli
  3. Surat Kuasa jika anda mewakili pemilik kendaraan

Cara Perpanjang STNK Motor Langsung dan Online

Saat ini terdapat beragam pilihan cara yang bisa Anda lakukan untuk perpanjang STNK, baik secara langsung maupun secara online, berikut selengkapnya:

1. Cara Perpanjang STNK di Kantor Samsat / Samsat Keliling

Anda bisa membayar pajak kendaraan untuk selanjutnya perpanjang STNK melalui kantor samsat atau melalui samsat keliling. Untuk memperpanjang STNK motor di Samsat, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Siapkan Semua Syarat pembayaran pajak kendaraan seperti yang telah disebutkan di atas.
  2. Datang ke kantor Samsat pada jam kerja, yakni setiap Senin – Jumat mulai jam 08:00 hingga 12:00, dan hari sabtu jam 08:11.00. Sedangkan untuk samsat keliling setiap daerah memiliki jadwalnya sendiri-sendiri, namun untuk saat ini samsat keliling diliburkan sementara karena sedang pandemi.
  3. Silakan datang ke loket Pelayanan Pajak dan serahnya semua persyaratan yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  4. Anda akan diminta menunggu, kemudian anda akan diarahkan ke Loket Kasir untuk membayar biaya pajak kendaraan Anda.
  5. Petugas Kasir akan memanggil nama Anda dan akan menyebutkan berapa niminal biaya yang harus Anda bayarkan. Silakan lakukan pembayaran biaya perpanjang STNK di kasir.
  6. Selanjutnya kasir akan menyerahkan STNK baru Anda, Anda juga akan diberikan stiker parkir berlangganan untuk ditempel di motor anda.
  7. Proses Perpanjang Pajak STNK selesai.

2. Cara Perpanjang STNK Motor melalui Aplikasi Samsat Online Nasional

Gunakan aplikasi mobile Samsat Online Nasional untuk melakukan perpanjang STNK dengan lebih mudah dan praktis. Berikut langkah-langkah perpanjang STNK motor melalui Aplikasi Samsat Online Nasional:

  1. Download aplikasi Samsat Online Nasional di smartphone Anda.
  2. Selanjutnya, silakan lakukan pendaftaran.
  3. Isi data nomer polisi (nomer plat motor), NIK dan 5 digit akhir nomer rangka motor Anda.
  4. Setelah semua terisi lengkap, Anda akan mendapatkan kode pembayaran dengan masa berlaku 2 jam setelah kode dikeluarkan.
  5. Lakukan pembayaran melalui bank yang tertera atau dengan cara pembayaran lainnya yang tersedia. Setiap pembayaran akan dikenai biaya administarasi Rp 5000.
  6. TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK akan dikirim menggunakan ekspedisi ke alamat yang tertera di STNK.
  7. Proses Perpanjang STNK selesai.

PENTING! Pengesahan STNK harus dilakukan maksimal 30 hari setelah pembayaran berhasil.

3. Cara Perpanjang STNK melalui Tokopedia

Banyak orang yang masih mengeluhkan mengenai perpanjangan STNK via Aplikasi Samsat Online Nasional, karena sistem yang belum dimaksimalkan. Namun jika Anda memang ingin melakukan pembayaran pajak secara online, kami merekomendasikan Anda untuk membayarnya menggunakan aplikasi Tokopedia. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Tokopedia, pilih menu Top up dan Tagihan, lalu pilih E-Samsat.
  2. Pilih wilayah kendaraan Anda (Saat ini hanya tersedia untuk Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Riau saja.)
  3. Masukan data kendaraan dan juga kode bayar, lalu klik Bayar
  4. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nominal yang tertera di aplikasi Tokopedia.
  5. Pembayaran harus di lakukan dengan menggunakan Bank yang ditunjuk oleh Samsat, setiap daerah bisa jadi berbeda banknya.
  6. Anda akan menerima bukti pembayaran pajak melalui E-mail untuk selanjutnya Anda gunakan untuk mengurus berkas di kantor Samsat.
  7. Silakan datang ke samsat atau ke bank yang ditunjuk Samsat, lalu bawa persyaratan perpanjang STNK dan bukti pembayaran yang telah dicetak.
  8. Tunjukan bukti pembayaran kepada petugas, selanjutny Anda akan diberikan SKKP/SKPD, dan petugas akan mengesahkan STNK baru Anda.
  9. Proses Perpanjang Pajak STNK selesai.

PENTING! Pengesahan STNK harus dilakukan maksimal 30 hari setelah pembayaran di tokopedia berhasil.

4. Cara Perpanjang STNK melalui Indomaret

Sama seperti pembayaran pajak melalui Tokopedia, Anda tetap perlu melakukan pengesahan STNK ke kantor Samsat setelah melakukan pembayaran pajak via Indomart. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Datang ke Indomaret dengan membawa STNK dan KTP
  2. Serahkan STNK dan KTP ke kasir Indomaret, serta beritahukan nomor HP Anda yang aktif untuk bisa menerima SMS bukti pembayaran.
  3. Silahkan bayar pajak motor sesuai tagihan, setelah membayar kasir akan memberikan struk bukti pembayaran dan Anda juga akan mendapatkan SMS berisi e-TBPKB.
  4. Samsat akan mengirimkan anda link download e-TBPKB anda, download dan cetak lah e-TBPKB tersebut untuk nantinya di sahkan di Samsat.
  5. Silakan datang ke samsat dengan membawa syarat perpanjang STNK, seperti STNK asli, KTP asli, Struk pembayaran dari indomret, dan e-TBPKB yang sudah di print
  6. Serahkan semua persyaratan tersebut ke petugas Samsat untuk di sahkan.
  7. Silakan tunggu hingga Anda mendapatkan STNK baru Anda.
  8. Proses Perpanjang Pajak STNK selesai.

Cara perpanjang STNK secara online ini masih sangat terbatas cakupan wilayahnya. Sehingga tidak semua dari pemilik kendaraan bermotor dapat melakukan perpanjangan STNK secara online, artinya hanya bisa melalui kantor Samsat ataupun melalui Samsat Keliling saja. Demikian artikel mengenai Cara Perpanjang STNK Motor secara Langsung dan Online. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

1 Comment
  1. Ariyanta

    biaya pajak tahunan toyota starlet 1993 DA1083TN

Leave a Comment

Categories